Wiki: Wahana Berbagi Ilmu

Wiki, kalau kita tanya answer.com, jawabannya: A collaborative website whose content can be edited by anyone who has access to it.

Jawaban yang sama juga dapat dibaca di Wikipedia: A wiki is a collection of web pages designed to enable anyone who accesses it to contribute or modify content, using a simplified markup language.

Ya.. wiki adalah sebuah situs yang kontennya dapat diedit oleh pengunjung.

Konon, kata wiki itu sendiri berasal dari bahasa Hawaii yang berarti “cepat”.

Wiki memungkinkan siapa saja, apalagi mahasiswa, berkolaborasi menyusun sebuah situs, sembari berbagi pengetahuan. Dengan wiki, mereka dapat saling mengisi kekurangan. Dengan wiki, mereka berkesempatan ‘memberi’, tidak hanya ‘menerima’ via internet. Dengan wiki mereka dapat membuat Zone of Proximal Development (… halah.. opo iki..). Pendeknya, wiki merupakan salah satu wahana cooperative maupun collaborative learning. Wiki adalah salah satu aktivitas online yang sulit dilakukan secara offline.

Yang menggembirakan, sekarang banyak penyedia wiki gratis. Sebut saja pbwiki.com atau wikia.com.

Trus, caranya:

  1. Silakan kunjungi http://pbwiki.com/ (tutorial ini pake pbwiki…)
  2. Kalau belum punya akun, silakan sign up.
  3. Kita akan diminta mengisi form:

  4. Setelah tombol “Create Account” diklik, sebuah email akan masuk ke email kita. Silakan buka pesan itu, dan klik link yang ada. Ini adalah untuk verifikasi.
  5. Nah, selanjutnya silakan log in.
  6. Kita bisa mulai membuat wiki, tinggal klik Create wiki.

Nah… setelah kita bikin wiki, kita diberi tutorial oleh pengelola pbwiki.

O iya, para kontributor dapat berkomunikasi via fasilitas “Add Comment”, layaknya forum diskusi. Selain itu, administrator (pembuat wiki) akan mendapatkan email setiap kali ada yang melakukan editing pada wiki. Artinya, admin dapat menyimpan seluruh kontribusi dari versi awal sampai versi terbaru; dapat dijadikan portofolio untuk penilaian.

Well, sebagai gambaran, silakan singgah ke http://intro2gl.pbwiki.com/ .