Dari Seminar & Workshop di Dephan: WebQuest Sebagai Wahana Resource Based Learning

Hmm..

Alhamdulillaah… Everything ran very smoothly at Dephan, except for the Internet connection 🙁 .

Well, di hari pertama saya presentasi tentang beberapa fasilitas gratis di Internet yang dapat dimaksimalkan untuk fasilitas pembelajaran. Intinya, banyak fasilitas yang kalau kita gunakan akan lengkap seperti kita punya sebuah Learning Management System semacam Moodle, WebCT, bahkan Blackboard. Kita punya Nicenet, kita punya QuickTopic, kita punya Scribd, kita punya SlideShare, kita punya Blog, kita punya free site host, kita punya banyak yang lain… Hanya kita belum banyak memanfaatkannya…

Hari kedua – keempat, saya kebagian berdiskusi dengan para instruktur dan WI di Badiklat. Saya kenalkan mereka dengan WebQuest yang pendeknya adalah sebuah aktivitas berscaffolding di internet untuk melatih siswa meningkatkan kemampuan problem solving, critical thinking, dan knowledge construction. Materi yang saya sampaikan meliputi:

1. Pengenalan dengan WebQuest.

2. Tips Pencarian di Internet Menggunakan Searching Engine.

3. Penentuan Bahan Ajar untuk WebQuest

4. Penyusunan Skenario

5.Penyusunan Rubrik Evaluasi Hasil Kerja Siswa (Assessment)

6. Pembuatan WebQuest

7. Upload WebQuest ke Internet

Alhamdulillah, mereka berhasil membuat 5 judul WebQuest (lengkap dengan petunjuk untuk guru). Sayangnya, ketika kami akan upload, ada kendala koneksi internet, sehingga kelima judul ini untuk sementara hanya dapat diakses di lingkungan Badiklat Dephan, karena hanya diupload di intranet.Tentu saja, hal ini menjadi tidak efektif karena WebQuest jelas perlu koneksi Internet.

Anyway… Mereka sudah berhasil membuatnya. Semoga mereka segera dapat berbagi dengan intruktur atau WI lainnya, dan semoga bandwidth di Badiklat segera dapat ditambah… supaya tidak uyuk-uyukan.

Good luck, Mates.